Sejarah Singkat Berdirinya SD Al- Irsyad 01 Cilacap

Perhimpunan Al-irsyad  Al-Islamiyah merupakan salah satu organisasi berakidah Islam yang memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam bidang dakwah, pendidikan, pengajaran serta sosial. Organisasi Al-Irsyad Al-Islamiyah  cabang Cilacap secara resmi berdiri sejak tahun 1359 H atau tepatnya 10 Juni 1941  M. pada masa ini bernama  Madrasah Al-Irsyad  dengan tokoh pendirinya yaitu Said bin Abdurochim bin Thaher Bawazier, Saleh Al-Kholaghi  dan Abdul  Ghozi Al-Hadidi. Madrasah ini hanya bertahan selama satu tahun, yaitu sampai tahun 1942 ketika jepang datang ke Indonesia.

Organisasi Al-Irsyad  Cilacap ini kemudian lahir kembali pada tahun  1960-an tepatnya pada tanggal 05 Oktober 1964, saat itu berdiri dengan nama Pemuda Al-Irsyad Cilacap yang merupakan organisasi otonom. Tokoh pendirinya adalah Saudara Hozy sebagai ketua, kemudian  dilengkapi dengan pengurus  pembantu antara lain Abdul Rochim Basalamah, Abdul Rochim Bawazier, Abdul Azis  Baasir, Muawiyah Baasir, dan Said Muhammad basalamah.

Pemuda Al-Irsyad  Cilacap ini hanya bergerak di bidang kesenian. Kesenian yang dibentuk  oleh pemuda  Al-Irsyad  adalah kelompok  Drum Band di bawah pimpinan Said Muhammad Basalamah. Kelompok ini menjalankan aktivitasnya  sampai akhir  tahun 1966. Dua penanpilan terkhirnya  secara resmi terjadi pada tanggal 1966 dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan  RI ke- 21 di Cilacap dan peringatan hari angkatan bersenjata  pada  5 Oktober 1966. Yang dihadiri oleh Komandan Resimen Pasukan Komamdo Angkatan Darat Bapak Sarwo Edhi Wibowo.

Al-Irsyad Cilacap kemudian didirikan  lagi pada 1 Januari 1973  dengan nama Yayasan sosial Al-Irsyad. Tokoh pendirinya adalah Hozy, Abdul Rochim  basalamah, dr. Ali Baasir, Muawiyah Baasir, H. Soleman Bisyir, dan Fuad Bawazier.