Belajar Itikaf Siap Sambut Ramadhan dengan Asyik

Belajar Itikaf Siap Sambut Ramadhan dengan Asyik

SD Al Irsyad 01 Cilacap menyelenggarakan kegiatan Belajar I'tikaf pada tanggal 8-9 Desember 2023 di SMP Al Irsyad Cilacap dan Masjid Al Ishlah. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 6 SD Al Irsyad 01 Cilacap dengan antusiasme tinggi.

Kegiatan hari pertama dimulai pada pukul 15.00 WIB, dengan peserta berkumpul di SMP Al Irsyad Cilacap. Sholat Ashar berjamaah di Masjid Al Ishlah menjadi momen spiritual yang memberikan awal yang penuh berkat bagi kegiatan ini. Pembukaan dan motivasi disampaikan oleh Kepala Sekolah SD Al Irsyad 01 Cilacap, Ustad Heri Suwartoyo, dan Kepala Sekolah SMP Al Irsyad Cilacap, Ustad Partana, S.Pd.

Tiba saatnya Sholat Maghrib, para peserta melaksanakan Sholat Maghrib berjamaah di Masjid Al-Ishlah. Selepas sholat, Istirahat dan Makan Malam dilakukan semua peserta. Adzan Isya berkumandang, siswa-siswi SD Al Irsyad 01 Cilacap segera mengambil air wudhu untuk melaksanakan Sholat Isya berjamaah diteruskan dengan kegiatan dari SMP Al Irsyad Cilacap. Kegiatan hari pertama ditutup dengan Istirahat malam.

Hari kedua dimulai dengan Sholat Malam pada pukul 03.30, dilanjutkan dengan Sholat Subuh berjamaah, dan Halaqoh Tahfidz Pagi. Kegiatan ini dilanjutkan dengan senam dan olahraga, sarapan bersama, dan sesi beberes persiapan pulang.

Dengan tema "Aku Siap Menyambut Bulan Ramadhan dengan Asyik", kegiatan ini bertujuan untuk memupuk semangat siswa dalam mencintai, menghafal, dan mengamalkan Al-Qur'an. Lebih dari sekadar pembelajaran, Belajar I'tikaf di SD Al Irsyad 01 Cilacap memberikan pengalaman keagamaan yang berharga bagi setiap peserta, menjadikan mereka lebih siap dan antusias menyambut bulan suci Ramadhan.