Bimtek PMM dan IKM Tingkatkan Kapasitas Guru Kelas III dan VI di Cilacap Selatan

Bimtek PMM dan IKM Tingkatkan Kapasitas Guru Kelas III dan VI di Cilacap Selatan

Bertempat di SD Al Irsyad 01 Cilacap, Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Cilacap Selatan menyelenggarakan Bimtek Platform Merdeka Mengajar dan IKM bagi forum guru kelas III dan VI. Kegiatan yang berlangsung selama empat hari, dari Rabu hingga Sabtu (17-20 Juli 2024), ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dengan memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar dan Indeks Kinerja Kepala Sekolah (IKM).

Bimtek dibuka dengan sambutan dari perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap, yang menyampaikan pentingnya guru untuk terus belajar dan beradaptasi dengan perkembangan zaman, khususnya dalam penerapan Kurikulum Merdeka.

Pada hari pertama, para peserta mendapatkan materi tentang Kebijakan Kemdikbud dan Kurikulum Merdeka, Asesmen Diagnostik, Formatif, dan Sumatif, Membangun Komunitas Belajar di Sekolah, Projek Penguatan Profil Pancasila, dan Raport Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Materi disampaikan oleh narasumber yang kompeten di bidangnya masing-masing, yaitu Bapak Eli Prasetyo Budi, S.Pd, Ibu Roro Septiningrum, S.Pd, Bapak Abdullah Sofiyan Zalail, S.Pd, dan Ibu Nati, M.Pd.

Hari kedua Bimtek diisi dengan materi tentang Telaah Kompetensi, Muatan Pelajaran, dan Beban Belajar. Para peserta kemudian dibagi menjadi kelompok untuk mencoba menyusun Jadwal Pelajaran, Pengembangan CP menjadi TP dan ATP, serta Modul Ajar dan Evaluasi.

Kegiatan Bimtek dilanjutkan pada hari Jumat dan Sabtu secara online, di mana para peserta diminta untuk mengirimkan hasil yang didapat dari pelatihan dua hari sebelumnya.

Bimtek Platform Merdeka Mengajar dan IKM ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam menggunakan Platform Merdeka Mengajar dan IKM, sehingga dapat membantu mereka dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dengan lebih efektif dan efisien.

Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya acara ini dengan baik, ucapan terima kasih juga disampaikan kepada para peserta yang telah mengikuti Bimtek dengan antusias dan penuh semangat.

Dengan Bimtek ini, diharapkan guru-guru di Kecamatan Cilacap Selatan dapat menjadi agen perubahan dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan bermutu bagi generasi penerus bangsa.