Jambore Ranting Kwarran Cilacap Selatan 2023

Jambore Ranting Kwarran Cilacap Selatan 2023

Pramuka adalah suatu medan gerak untuk peserta didik, oleh mereka di bawah pimpinan mereka sendiri, tempat kaka mereka membarikan kepada adik-adiknya suasana yang sehat dan menganjurkan agar mereka melakukan kegiatan-kegiatan yang sehat, positif dan produktif yang akan membantu mereka dalam mengembangkan fungsi kewarganegaraan. Daya Tarik yang kuat untuk mengenal alam dan lingkungan hidup.

Gerakan pramuka sangat mengharapkan bisa mandiri dengan dana atau fasilitas yang pasti dan memadai. Salah satu program yang diikuti adalah Jambore Ranting Kwarran Cilacap Selatan Tahun 2023 yang dilaksanakan pada tanggal 12-14 Agustus 2023 di Lapangan Bangga Mbangun Desa Kecamatan Cilacap Selatan.

Gudep SD Al Irsyad sendiri mengirimkan satu regu putri yang beranggotakan 10 siswi dari kelas 5 dan 6.

Jenis kegiatan yang dilaksanakn selama 3 hari tersebut antara lain : Kegiatan Perkemahan (Keagamaan, Olahraga, Upacara & Apel Pasukan, Anjangsana, dan Api Unggun), Kegiatan Pendidikan (Talkshow Pendidikan, Pemutaran Film Pendidikan, Jumpa Tokoh, dan Hiking), Kegiatan Prestasi (Lomba Masak, Lomba Keterampilan Pramuka, dan Lomba Menggambar Poster) dan Kegiatan Khusus (Giat Karang Pamitran dan Upacara HUT Pramuka ke-62).

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini peranan Gerakan Pramuka pagi perkembangan peserta didik menjadi meningkat, Kegiatan ini juga bisa sebagai ajang silaturahmi Anggota Pramuka Kwarran Cilacap Selatan. Dari kegiatan ini juga peserta didik bisa mendapat pengalaman dan pengetahuan kegiatan yang bersifat keatif, rekreatif, inovatif, dan produktif. Peserta didik juga dapat dibiasakan hidup bersama, gotong royong, toleransi dan setia kawan.