MAPSI Sebagai Sarana Gali Potensi Generasi Unggul di Kabupaten Cilacap

MAPSI Sebagai Sarana Gali Potensi Generasi Unggul di Kabupaten Cilacap

Lomba Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Seni Islami (MAPSI) ke-23 Sekolah Dasar (SD) di tingkat Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap Jawa Tengah sukses digelar pada hari Senin tanggal 12 September 2022 bertempat di SD Negeri Cilacap 07. Kegiatan ini menggelar berbagai cabang lomba yang diikuti ratusan peserta dari sekolah dasar di Kecamatan Cilacap Selatan. Kegiatan lomba MAPSI di tingkat sekolah dasar ini bertujuan untuk mewujudkan peserta didik yang memiliki kecerdasan dan keterampilan dalam menghadapi persaingan global dan tidak melupakan jati diri sebagai bangsa Indonesia,  serta menerapkan ajaran agama dengan benar,  beriman dan bertakwa kepada Allah SWT dan berakhlaqul karimah. Sekaligus juga dalam rangka mencari bibit-bibit unggul dan kafilah terbaik untuk menjadi perwakilan di tingkat yang lebih tinggi.

      Ada beberapa kategori yang dilombakan, antara lain Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Pengetahuan Baca Tulis Allah Qur'an (tes tertulis, praktek wudhu dan gerakan bacaan salat dan tartil), lomba adzan dan iqomah, lomba TIK,  seni khitobah, seni macapat islami, seni Tilawah Allah Qur'an dan seni Khifzil Qur’an.

      Dalam kegiatan ini, SD Al-Irsyad 01 Cilacap mengirimkan perwakilan sebanyak 14 siswa putra dan putri di tingkat kecamatan dan alhamdulillah berhasil meraih 17 piala di berbagai kategori lomba, yaitu :

  1. Juara umum PAI putra atas nama Lentera Prahasta
  2. Juara umum PAI putri atas nama Nayla Anindya
  3. Juara 1 logika putri atas nama Nayla Anindya
  4. Juara 1 gebsata putra atas nama Lentera Prahasta
  5. Juara 2 logika putra atas nama Lentera Prahasta
  6. Juara 2 wudhu putra atas nama Lentera Prahasta
  7. Juara 1 khitobah putra atas nama Abdurrahman Zain
  8. Juara 1 khitobah putri atas nama Naila Nuraini
  9. Juara 1 tahfidz putra atas nama Abdullah Syauqi
  10. Juara 1 tahfidz putri atas nama Indira Yuri
  11. Juara 1 adzan atas nama Muhammad Fawwaz
  12. Juara 2 kaligrafi putra atas nama Danendra Ahza Danish
  13. Juara 2 kaligrafi putri atas nama Nabilla Zumrudah Rahma
  14. Juara 2 TIK putra atas nama Zulmi Ibnu Nardin
  15. Juara 2 TIK putri atas nama Dyandra Paramita
  16. Juara 2 tilawah putra atas nama Riziq Akbar
  17. Juara 3 macapat putra atas nama Habibi Mufid Arif

      Keberhasilan ini tentu tidak terlepas dari peran ustadz ustadzah di SD Al-Irsyad 01 Cilacap yang dengan sepenuh hati membimbing para siswa-siswi sehingga bisa berprestasi gemilang. Siswa-siswi yang berhasil meraih juara 1 di tingkat kecamatan ini nantinya akan mewakili Kecamatan Cilacap Selatan di tingkat Kabupaten. Harapan dan doa dari seluruh warga SD Al-Irsyad 01 Cilacap tersemat agar mereka dapat meraih hasil yang terbaik pada event selanjutnya yang akan diselenggarakan pada awal bulan Oktober 2022.