Outdoor Study Kelas 3 - Aku Suka Berpetualang

Outdoor Study Kelas 3 - Aku Suka Berpetualang

Pada hari Selasa, 6 Februari 2024, siswa kelas 3 SD Al Irsyad 01 Cilacap mengadakan kegiatan outdoor study dengan tujuan Taman Wisata & Rekreasi Sanggaluri, Purbalingga. Mengusung tema "Aku Suka Berpetualang", kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan siswa dengan kegiatan pembelajaran di luar kelas, memupuk kebersamaan dengan teman, melatih kemandirian, dan merefresh kegiatan pembelajaran.

Sebanyak 74 siswa didampingi oleh ustadzah dan wali murid berangkat dari SD Al Irsyad menuju Taman Wisata Sanggaluri. Sesampainya di sana, kegiatan diawali dengan berkumpul di gazebo untuk muroja'ah bersama, dilanjutkan dengan sambutan dari koordinator kegiatan, sambutan dari Kepala Sekolah dan perwakilan Yayasan, dan pengarahan dari Ustadzah Aris Hidayati.

Kemudian, para siswa diajak untuk berpetualang di berbagai wahana edukatif, di antaranya museum wayang, museum uang, dan taman reptil. Di museum wayang, siswa belajar tentang sejarah dan jenis-jenis wayang. Di museum uang, siswa belajar tentang sejarah mata uang dan cara mengidentifikasi uang asli dan palsu. Di taman reptil, siswa belajar tentang berbagai jenis reptil dan cara merawatnya.

"Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar yang berbeda bagi siswa," ujar Ustadzah Aning, salah satu guru yang mendampingi kegiatan. "Selain belajar di luar kelas, siswa juga dapat belajar tentang budaya Indonesia, sejarah, dan sains."

Kegiatan outdoor study ini ditutup dengan sholat dan makan siang bersama. Rombongan kemudian kembali ke Cilacap dan sampai di sekolah pukul 16.30. Para siswa terlihat senang dan puas dengan kegiatan ini.

"Saya senang sekali bisa bermain bersama teman-teman di Sanggaluri," kata salah satu siswa, "Saya juga belajar banyak tentang wayang, uang, dan reptil."

Kegiatan outdoor study ini merupakan salah satu program unggulan SD Al Irsyad 01 Cilacap untuk memberikan pendidikan yang berkualitas dan berkesan bagi para siswanya.