Outdoor Study Kelas 3 - Mengenal Perubahan Wujud Benda di Asmat Galery

Outdoor Study Kelas 3 - Mengenal Perubahan Wujud Benda di Asmat Galery

Selasa, 7 November 2023, siswa-siswi kelas 3 SD Al Irsyad 01 Cilacap melaksanakan kegiatan Outdoor Study dengan tujuan Asmat Galeri/Media di Jeruk Legi Cilacap. Dengan mengambil tema “Pembelajaran Perubahan Wujud Benda dalam Kehidupan sehari-hari”, kegiatan ini berkaitan dengan Pembelajaran  Tema 3 Kelas 3 Sub Tema 3 (Benda di Sekitar Kita) Kelas III Sub Tema 3 (Perubahan Wujud Benda).

Kegiatan diawali dengan siswa kelas 3 berkumpul di halaman sekolah pukul 07.45 dan menerima pengarahan tentang outdoor study oleh ustadzah Aris Hidayati. Kemudian dari sekolah pukul 08.00, rombongan menaiki angkot sesuai dgn kelompoknya dari Angkot A - Angkot E dengan pendamping masing2 angkot yaitu, Ustadzah Aris, ust. Indah, Usth Aning, usth  Cindy, ust Rosun dan ust Jamil. Sebelum berangkat, para siswa  berdo'a bersama pendamping masing2 supaya sehat, bahagia lancar  dalam mengikuti kegiatan outdoor study.

Sekitar pukul 09.00, rombongan sampai di tujuan. Seluruh siswa turun dari angkot dan langsung melakukan sesi foto bersama depan spanduk Asmat Galery dan spanduk Outdoor Study kelas 3

Pukul  09.30 para siswa berbaris menuju tempat untuk pembuatan benda dr tanah liat.

Terdapat 2 kegiatan utama pada Outdoor Study ini

- Kegiatan 1, para siswa memperhatikan bapak petugas membuat  contoh model pembuatan gerabah dari tanah liat (piring tanah liat) dgn teknik memutar manual.

- Kegiatan 2, seluruh siswa dibagi menjadi  2 kelompok, siswa laki-laki dan siswa Perempuan. Siswa perempuan dgn pembimbing bu Marni berada di atas, sedangkan kelompok laki- berada di bawah ( depan teras) dgn pembimbing Bpk Mardi.

Dalam membuat kerajinan tanah liat, tiap siswa memperoleh 2 bulatan tanah liat berukuran sedang, bulatan pertama untuk membuat kerajinan dengan cetakan, sedangkan bulatan kedua para siswa dibebaskan untuk berkreasi sesuai dengan bentuk yg diinginkan.

Selama proses pembuatan kerajinan, seluruh siswa tampak antusias dan senang dengan kegiatan tersebut. Ada yg membuat bentuk ikan, kepiting, bintang laut, asbak dan berbagai bentuk pot bunga. Bentuknya lucu-lucu.. ????

Pak Mardi dan Bu Marni juga sabar dlm membimbing mereka untuk mencapai bentuk yg mereka inginkan.

Tampak ada bbrp wali murid dan guru yg juga ikut membuat kerajinan tanah liat tersebut contohnya Ustadz Rosun yang membuat cobek, ust Aning membuat Vas  bunga dgn teknik memutar manual.

Setelah dibentuk, kerajinan tanah liat yang sudah dibuat selanjutnya dijemur dan dibakar untuk melewati proses akhir. Karena proses menjemur dan membakar hasil karya memerlukan  waktu yang cukup lama, maka hasil karya tersebut ditinggal dulu di Asmat Galery, baru kemudian di kirim ke sekolah.

Tepat pukul 10.30, para siswa dan pendamping berpamitan ke Bpk Mardi, selaku owner Asmat Galery, kemudian naik ke angkot dan melakukan perjalanan pulang ke sekolah. Pukul 11.15 rombongan angkot sudah sampai di sekolah dan langsung menuju kelas masing-masing untuk makan bersama bersama ustadzah.

Pukul 12 tepat, seluruh siswa kelas 3 dijemput pulang oleh orang tua.

Alhamdulillah kegiatan Outdoor Study sangat berkesan dan menyenangkan bagi para siswa dan pendamping.

Semoga semester depan lebih seru lagi Outdoor Studynya...

Aamiin