Outdoor Study Kelas 4 - Konservasi Penyu Nagaraja dan Penanaman Pohon Cemara

Outdoor Study Kelas 4 - Konservasi Penyu Nagaraja dan Penanaman Pohon Cemara

Dikutip dari laman kajianpustaka.com, pembelajaran di luar kelas (outdoor study) adalah salah satu metode pembelajaran yang aktivitas belajarnya berlangsung di luar kelas/sekolah seperti; taman, perkampungan, kebun dan lain-lain dengan tujuan untuk melibatkan pengalaman langsung serta menantang semangat petualangan siswa agar lebih akrab terhadap lingkungan dan masyarakat.

Pada Kamis, 09 Februari 2023 siswa-siswi kelas 4 SD Al Irsyad 01 Cilacap melakukan outdoor study yang merupakan bentuk nyata dari pembelajaran tema Sumber Daya Alam di Konservasi Penyu Nagaraja, Pantai Sodong, Adipala, Cilacap.

Penyu yang ada di Konservasi Penyu Nagaraja ini adalah jenis penyu lekang (Lepidochelys olivacea). Saat ini ada 33 ekor penyu yang masih kecil (tukik) dan 4 penyu yang besar. Dan sudah ada ratusan penyu yang sudah dilepas liarkan ke habitat asalnya. Jumlahnya akan terus bertambah karena setiap penyu bisa bertelur sekitar 100an butir.

Selain mengamati dan belajar tentang proses konservasi penyu, para siswa-siswi juga melakukan penanaman cemara di Pantai Sodong.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, siswa dapat mengetahui bagaimana cara melestarikan penyu, mengenal jenis-jenis penyu di Indonesia yang mulai langka, dan cara penanaman pohon cemara di sekitar pantai.

Highlight Kegiatan Outdoor bisa dilihat pada video berikut :

Outdoor Study Kelas 4 - Konservasi Penyu