Pelaksanaan Gladi Bersih ANBK 2023 Berjalan Lancar

Pelaksanaan Gladi Bersih ANBK 2023 Berjalan Lancar

Sebanyak 30 siswa kelas 5 SD Al Irsyad 01 Cilacap mengikuti Gladi Bersih ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer) yang merupakan langkah penting menuju ANBK Utama.

Dilansir dari detik.com, Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) adalah penilaian mutu sekolah, madrasah, juga program kesetaraan pada SD, SMP, SMA, sederajat untuk meningkatkan mutu pendidikan. Asesmen Nasional atau yang biasa disingkat sebagai AN terdiri atas Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur kemampuan literasi dan numerasi, survei karakter, dan survei lingkungan belajar. Bentuk soal dalam AN terdiri atas pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat, serta uraian.

Kegiatan Gladi Bersih ANBK berlangsung selama dua hari, dimulai pada 11 Oktober 2023. Pada hari pertama, siswa-siswi dengan semangat mengerjakan soal Latihan, Literasi, dan Survei Karakter. Pada hari kedua, 12 Oktober 2023, fokus beralih ke soal Latihan, Numerasi, dan Survei Lingkungan Belajar.

Alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar tanpa ada kendala berarti.

ANBK Utama sendiri dijadwalkan pada tanggal 25-26 Oktober mendatang.

Sementara para murid kelas 5 fokus pada ANBK, Kepala Sekolah dan seluruh guru yang terdaftar dalam Dapodik juga ikut aktif dalam mengisi Survei Lingkungan Belajar. Kegiatan ini sejalan dengan program pemerintah untuk menghasilkan informasi guna memantau perkembangan mutu dari waktu ke waktu serta kesenjangan antarbagian dalam sistem pendidikan, misalnya dalam satuan pendidikan; antarkelompok sosial ekonomi; di satuan wilayah antara sekolah negeri dan swasta; antardaerah; atau antarkelompok menurut atribut tertentu.

Hasil ANBK dan Sulingjar juga memberikan gambaran mengenai karakteristik esensial suatu sekolah yang efektif supaya dapat mencapai tujuan utama.

Diharapkan, hasil dari ANBK dan Sulingjar ini dapat mendorong satuan pendidikan dan dinas pendidikan untuk memfokuskan sumber daya terhadap perbaikan mutu pembelajaran.