Pelatihan Penerapan Pembelajaran Diferensiasi pada Kurikulum Merdeka

Pelatihan Penerapan Pembelajaran Diferensiasi pada Kurikulum Merdeka

Kamis, 21 Desember 2023, SD Al Irsyad 01 Cilacap menggelar pelatihan hari ketiga dengan tema utama "Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka". Acara ini diisi oleh Ustad Agus Dwiyono, S.Ag, selaku Kadiv. Pendidikan di Yayasan Sosial Al Irsyad Cilacap.

Kegiatan dimulai dengan pembukaan dan sambutan dari Ustad Heri Suwartoyo, Kepala SD Al Irsyad 01 Cilacap. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan kegiatan inti yang terbagi dalam dua sesi penting.

Sesi pertama fokus pada pengenalan pembelajaran diferensiasi dan pemahaman akan pentingnya menerapkan pendekatan ini. Para peserta, yang terdiri dari asatidzah SD Al Irsyad 01 Cilacap, dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil untuk mengikuti pelatihan. Melalui penyampaian materi yang disertai dengan praktik kecil, para peserta mendapatkan pengalaman berharga.

Sesi kedua mengangkat materi tentang berbagai macam kecerdasan dan modal belajar anak. Penyampaian materi yang baik dan pengaplikasian praktis di tempat memberikan pemahaman mendalam kepada peserta.

Harapannya, melalui kegiatan ini, para asatidzah dapat lebih memahami kemampuan unik setiap anak dan dapat memberikan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Penerimaan terhadap keberagaman kemampuan anak diharapkan dapat ditingkatkan, sesuai dengan konsep multiple intelligences yang mengakui bahwa setiap anak memiliki kecerdasan yang berbeda.