Pembuatan Media Pembelajaran dengan Canva dan ChatGPT - Ciptakan Pembelajaran yang Kreatif

Pembuatan Media Pembelajaran dengan Canva dan ChatGPT - Ciptakan Pembelajaran yang Kreatif

Hari kedua pelatihan guru di SD AL IRSYAD 01 Cilacap kembali dilaksanakan pada Rabu, 20 Desember 2023. Kegiatan dimulai dengan pembacaan basmallah dan Q.S Abasa bersama, dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala SD Al Irsyad 01 Cilacap.

Terdapat dua sesi materi pada pelatihan. Sesi pertama, dipandu oleh Ustadz Slamet Wahyudin, S.Pt, dengan materi Canva. Fokusnya tak hanya pada pengenalan platform, namun juga produk-produk kreatif yang dapat dihasilkan. Para asatidzah tekun mengikuti langkah-langkah untuk menciptakan bahan pembelajaran yang menarik.

Tak hanya Canva, pengenalan AI juga disampaikan pada sesi ini. Pengenalan ChatGPT sebagai alat untuk mempermudah penyampaian materi pembelajaran memberikan dimensi baru dalam kreativitas pengajar.

Sesi kedua, setelah dzuhur, diisi oleh Ustad Mustaqim, S.Pd.I. Materi tentang Canva dan ChatGPT digunakan untuk menciptakan flyer sosial media dan lembar kerja siswa. Penggunaan teknologi ini diharapkan dapat memperkaya pengalaman belajar para siswa.

Ustad Heri Suwartoyo, S.Pd, mengungkapkan harapan besar. "Dengan kegiatan pelatihan ini, diharapkan proses pembelajaran di SD AL IRSYAD 01 Cilacap dapat meningkat dengan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Kami optimis para asatidzah akan mampu mengintegrasikan keahlian baru mereka dalam mendukung pendidikan yang berkualitas." Pelatihan hari kedua ini menjadi tonggak awal menuju pembelajaran yang lebih dinamis dan relevan di SD AL IRSYAD 01 Cilacap.