Perpustakaan Daarul Arqam SD Al Irsyad 01 Cilacap

Perpustakaan Daarul Arqam SD Al Irsyad 01 Cilacap

PERPUSTAKAAN DAARUL ARQAM SD AL IRSYAD 01 CILACAP

“Menciptkan generasi yang gemar membaca”

Salah satu indikator menilai kwalitas sebuah sekolah adalah dengan melihat keadaan perpustakaanyaa, Alhamdulillah perpustakaan Daarul Arqam SD Al Irsyad 01 CIlacap Sudah mendapat Akreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional PERPUSNAS RI selain itu pernah mendapat juara 1 tingkat provinsi,juara 1 tingkat kabupaten,tidak banyak perpustakaan sekolah dasar yang sudah mendapat akreditasi A. SD Al Irsyad 01 Cilacap berkomitmen menciptakaan perpustakaan yang bagus,modern, selalu mengikuti perkembangan zaman dan teknologi. Itu semua sebagai wujud memberikan layanan yang prima kepada siswa dan siswinya serta untuk meningkatkan minat baca Anak dan mendukung gerakan literasi sekolah.

Perpustakaan Daarul Arqam memiliki gedung dua lantai dan sudah terpisah dengan gedung sekolah,ruangan yang cukup nyaman,bersih,ruangan full AC cukup reseprentatif untuk membaca dan belajar,bermain,hiburan yang semakin membuat pengunjung perpustakaan dan semua warga sekolah SD Al Irsyad 01 Cilacap senang berkunjung dan membaca perpustakaan. Perpustakaan Daarul Arqam juga dikelelola secara profesional oleh dua orang pustakawan yang sesuai dengan bidangnya yaitu perpustakaan.

Perpustakaan Daarul Arqam dengan koleksi kurang lebih 5000 eksemplar dan 3000 judul buku meliputi koleski fiksi,non fiksi dan referensi,karya anak dan Guru semakin melengkapi kenyamanan Perpustakaan Daarul Arqam. Selain itu terdapat ruangan audio visual yang dapat dapat digunakan untuk menunjang kegiatan para siswa dan siswinya.

Perpustakaan Daarul Arqam juga sudah menggunakan sistem otomasi perpustakaan INLISLITE dari PERPUSNAS yang semakin memudahkan pemustaka meminjam dan mengembalikan buku serta mencari judul dan jenis buku yang dicari. Dengan Katalog Online para siswa dan siswinya semakin mudah mencari sumber informasi yang dicari. Perpustakaan Daarul Arqam sangat mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan minat baca anak idonesia yang tergolong paling rendah di Asia tenggara.

Kami berusaha meningkatkan minat baca anak diantara dengan memberikan penghargaan kepada pengunjung dan peminjam tergiat setiap Tahun, mengadakan lomba lomba yang berhubungan dengan minat baca dan lietarasi seperti lomba cipta puisi,pantun,mendongeng,berpidata dan meringkas ulang sebuah buku. Dengan harapan dapat menjadi stimulus anak- anak membaca dan berkunjung ke perpustakaan.

Oleh sebab itu kami mengajak putra-putri bapak dan ibu untuk bersekolah di SD Al Irsyad 01 Cilacap dengan banyaknya fasilitas yang kami punya salah satunya adalah perpustaakan yang bagus,modern, dan maju untuk mendukung kegiatan belajar mengajar di SD Al Irsyad 01 Cilacap dan mendukung tercapainya tujuan SD Al Irsyad 01 Cilacap yaitu menciptakan Generasi Khoiru Umah.

 

Pustakawan SD Al Irsyad 01 Cilacap

Ajeng Kilau Reswari, S.I.Pust.