Rihlah Kelas 5 SD Al Irsyad 01 Cilacap Berlangsung Seru dan Penuh Edukasi

Rihlah Kelas 5 SD Al Irsyad 01 Cilacap Berlangsung Seru dan Penuh Edukasi

Sebanyak 84 siswa kelas 5 SD Al Irsyad 01 Cilacap beserta 12 pengampu mengikuti kegiatan rihlah yang dilaksanakan pada Sabtu-Minggu, 22-23 Juni 2024. Rombongan yang terbagi dalam 2 bus ini, berangkat dari sekolah pada Jum'at malam, 21 Juni 2024 pukul 21.00 WIB.

Perjalanan pertama menuju Masjid Raya Syekh Zayed, Solo untuk melaksanakan sholat subuh. Dilanjutkan dengan perjalanan menuju Rumah Makan Godhong Gedhang untuk sarapan, beberes, dan berganti baju.

Destinasi pertama yang dikunjungi adalah Lawu Park. Di sana, para siswa dapat menikmati berbagai wahana permainan seru, seperti bianglala, kereta mini, dan taman bermain anak.

Siang hari, rombongan langsung menuju ke objek wisata Bukit Sekipan. Di sini, para siswa diajak untuk beraktivitas seru seperti menjelajah Dino Land, masuk ke wahana permainan, hingga melihat pemandangan dari menara pandang. Sambil beraktivitas, para siswa juga menikmati makan siang bersama.

Setelah puas bermain, rombongan menuju ke Agrowisata Amanah untuk bermalam. Malam harinya, para siswa mendapatkan motivasi dan renungan malam untuk meningkatkan semangat dan menumbuhkan jiwa religius.

Pagi harinya, para siswa memulai kegiatan dengan bersih diri, senam pagi, dan sarapan. Kemudian, dilanjutkan dengan kegiatan outbond yang melatih fisik, kekompakan, kerja sama, serta memberikan edukasi tentang cara bercocok tanam dan beternak.

 

Siang hari, rombongan bersiap untuk pulang dan menuju ke destinasi selanjutnya yaitu pusat oleh-oleh Banana Krez dan Safari Zoo. Di Safari Zoo, para siswa dapat melihat berbagai macam hewan dari berbagai belahan dunia.

Setelah puas melihat hewan, rombongan menuju ke tempat makan untuk makan malam. Kemudian, dilanjutkan dengan perjalanan pulang ke Cilacap.

Alhamdulillah, rombongan rihlah SD Al Irsyad 01 Cilacap sampai di sekolah dengan selamat pada Senin, 24 Juni 2024 pukul 04.00 WIB.

Selain sebagai sarana refreshing setelah menempuh ASAT, kegiatan rihlah ini juga bertujuan untuk meningkatkan rasa persaudaraan dan kebersamaan antar siswa, menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan kemandirian siswa, memberikan edukasi dan pengalaman baru bagi siswa, dan eningkatkan kecintaan terhadap alam dan lingkungan.

Ucapan terima kasih disampaikan kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan ini, terutama kepada orang tua siswa, para guru pendamping, dan seluruh pihak yang terlibat.