Semarak Pesantren Ramadhan 1445H SD Al Irsyad 01 Cilacap

Semarak Pesantren Ramadhan 1445H SD Al Irsyad 01 Cilacap

SD Al Irsyad 01 Cilacap menyelenggarakan Pesantren Ramadhan 1445H yang berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 26 hingga 28 Maret 2024. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa dengan penuh antusiasme.

 

Pesantren Ramadhan merupakan program tahunan yang diselenggarakan oleh SD Al Irsyad 01 Cilacap dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keimanan para siswa tentang Islam, serta menumbuhkan semangat mereka dalam menjalankan ibadah puasa.

 

Selama tiga hari, para siswa mengikuti berbagai kegiatan, seperti:

 

* Tadarus, Murajaahe bersama

* Sholat Dhuha

* Praktik sholat dan wudhu

* Praktik adzan, iqomah, dan dzikir

* Tarikh dan fiqih

 

Di hari terakhir pelaksanaan, SD Al Irsyad 01 Cilacap mengundang Kak Angga, seorang motivator muda, untuk memberikan motivasi kepada seluruh siswa. Kak Angga memberikan rumus ABC agar siswa-siswi SD Al Irsyad 01 Cilacap bisa menjadi pribadi yang lebih baik. Rumus ABC itu adalah:

 

1. Allah: Harus mengutamakan Allah di atas segalanya

2. Berbakti kepada orang tua

3. Cita-cita setinggi-tingginya

 

Harapannya, kegiatan Pesantren Ramadhan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi para siswa. Para siswa dapat meningkatkan pengetahuan dan keimanan mereka tentang Islam, serta menjadi pribadi yang lebih baik dan berakhlak mulia.