Simulasi Tanggap Bencana Gempa Bumi dan Tsunami

Simulasi Tanggap Bencana Gempa Bumi dan Tsunami

Perwakilan siswa dari SD AL Irsyad 01 Cilacap melaksanakan kegiatan simulasi tanggap bencana gempa bumi dan tsunami.

Kegiatan ini berlangsung pada Selasa, 15 Agustus 2023. Kegiatan diawali dengan berkumpulnya siswa siswi SD Al Irsyad 01 Cilacap di Markas Kodim 0703/Cilacap yang terletak di Jl. Jenderal Sudirman No. D1, Kandang Macan, Tegalreja, Kecamatan Cilacap Selatan. Di sana para siswa melakukan kegiatan tanggap bencana jika terjadi gempa bumi. Oleh para personel dari Kodim 0703/Cilacap, para siswa diberikan peran masing-masing agar simulasi ini digambarkan seperti keadaan yang sebenarnya. Ada yang menjadi guru, anak sekolah, petani, dll.

Selanjutnya, para siswa melaksanakan simulasi tanggap bencana juga jika terjadi bencana Tsunami. Para siswa bersama personel menaiki Truk TNI REO M35 untuk mengungsi menuju tempat yang lebih tinggi, yaitu Lapangan Krida Nusantara. Sesampainya di sana, bersama perwakilan dari siwa SMP dan SMA sekitar, siswa SD Al Irsyad 01 Cilacap diberikan pengarahan tentang penanganan post traumatic, trauma healing untuk mengatasi gangguan psikologis seperti kecemasan, panik, dan gangguan lainnya, denganmemberikan hiburan dengan bernyanyi, dan bermain bersama.

Kegiatan ditutup dengan makan siang bersama.

Kegiatan ini merupakan pengalaman baru bagi siswa-siswi SD Al Irsyad 01 Cilacap. Diharapkan dengan kegiatan ini, siswa SD Al Irsyad 01 Cilacap bisa lebih tahu dan tanggap apa yang harus dilakukan jika terjadi bencana, mengingat wilayah Kabupaten Cilacap sendiri merupakan daerah dengan kontijensi kebencanaan yang tinggi.